Aktivitas TKW Hong Kong


Inilah salah satu bentuk unjuk rasa dari sebagian TKW Hong Kong yang menuntut kebijaksanaan dari pemerintah. Tingginya biaya penempatan yang mencapai $21.000 sangat memberatkan TKW yang baru datang ke Hong Kong. Dari jumlah itu akan di bayar selama 7 bulan gaji ($3000/bulan). Selain biaya penempatan yang sangat besar, masalah gaji underpay juga jadi sorotan utama para demonstran.

Gaji under pay biasanya di berikan kepada mereka yang baru pertama kali kerja tanpa ada pengalaman kerja di negara lain. Kebanyakan dari mereka hanya bisa nurut karena menyadari kalau dirinya tidak bisa bahasa dan juga belum punya pengalaman kerja. Biasanya pihak PJTKI akan memberi pilihan, gaji under cepat berangkat atau gaji full tapi tidak tahu berangkatnya kapan. Seharusnya pihak Indonesia meningkatkan kualitas TKW bukan malah melakukan hal curang seperti ini. TKW itu manusia bukan barang dagangan. Barang jelek harganya murah barang bagus harganya mahal. Seharusnya Pemerintah berfikir bagaimana agar TKW yang dikirim itu berkualitas. Untuk negara Hong Kong khususnya dan negara-negara lain pada umumnya.

Semoga Pemerintah Indonesia bisa memberikan kebijaksanaan dan juga perlindungan bagi para TKI yang di luar negeri. Agar tidak terjadi lagi kasus-kasus penganiayaan dan juga pemecatan (Interminit) karena rendahnya kualitas TKW. Bagaimanapun juga TKW termasuk penyumbang devisa negara. jadi selayaknya pemerintah melindungi mereka bukan hanya mau uangnya saja. Karena TKW juga manusia bukan mesin ATM. yang diambil uangnya tapi tidak mau tahu dengan nasibnya.(Kiriman : Tarry Hongkong)

0 comments:

Post a Comment